PEMIRSA

Senin, 20 Mei 2013


PT United Motors Centre ( UMC)
BOWO 083846310055

Test Drive Suzuki Ertiga Automatic

Ertiga matic

Ertiga matic
Pada awal bulan ini Media di berikan kesempatan menguji kemampuan varian terbaru dari Suzuki Ertiga yakni Suzuki Ertiga Automatic. Rute yang dipilih mewakili medan dalam kota yang macet dan luar kota  untuk munguji kemampuan varian matic ini di tanjakan, maka dipilih rute Jakarta – Bogor (Curug Nangka). Pemilihan rute ini terbilang cocok, karena memiliki kondisi jalanan yang bervariasi. Selain itu, trek tersebut juga sering dilalui oleh para keluarga ibukota yang ingin berpesiar.Desain, Usung Tema EleganSeperti versi double blowernya, Ertiga GX matik masih menampilkan desain elegan dengan penyematan panel krom pada gril dan lis pintu bagasi. Suzuki yang enggan menambah unsur pembeda seperti emblem AT atau lainnya membuat Ertiga GX matik tak dapat dibedakan secara visual dari versi manualnya.Masuk ke kabin, nuansa berbeda hadir dari aplikasi tuas perseneling otomatis model tombol. Beda dengan kompetitornya yang memakai model beralur. Sehingga untuk memindahkan posisi gear, pengemudi harus menekan tombol di ujung tuas. Cukup praktis dan mewah.Oiya, perbedaan lain hadir dari desain Multi Information Display (MID) pada speedometer yang kini memiliki tampilan posisi gear, P-R-N-D-2-L. Tampilan speedometer yang mudah terbaca pada versi manualnya masih tertanam di sini. Performa, Tak Takut Tanjakan
Meski hanya mengandalkan transmisi otomatis 4-speed konvensional, namun kemampuan Ertiga GX matik tak bisa dipandang sebelah mata. Saat posisi macet, mobil ini menyalurkan tenaga ke roda depan dengan lembut. Mirip saudara manualnya. yang masih menggunakan mesin generasi terbaru Suzuki K14B yang ringan dengan kapasitas 1.4 liter bertenaga 95 PS dengan torsi 130 Nm terasa bertenaga. Mesin ini juga mengaplikasi teknologi Variable Valve Timing (VVT), Multi Point Injection (MIP), ”drive by wire” sistem pada pedal gas serta sistem penggerak roda depan (Front Wheel Drive) untuk akselerasi lebih responsif bagai sebuah sedan..
Sementara untuk mengail energi lebih di jalan bebas hambatan, pedal gas wajib di kick down untuk menaikan putaran mesin secara cepat dengan posisi di gigi D. Trik ini terbilang mumpuni saat menyalip kendaraan panjang, atau mobil lambat di depan. Kalau ingin santai, cukup urut pedal gas saja. Tarikannya tetap terasa, meski tak seresponsif kala kick down.
Masuk ke wilayah Bogor menuju Curug Nangka, rute didominasi tanjakan curam dengan hiasan tikungan dan angkot ngetem. Sempat muncul kekhawatiran di benak kami akan kemampuannya, maklum kondisi mobil mengangkut empat penumpang dengan banyak barang di bagasi.
Namun Ertiga GX matik menjawab keraguan kami dengan mantap. Apalagi, tersedia fitur overdrive untuk menjaga putaran mesin mobil.  Kemampuan menanjak mobil ber-tagline ‘Lebih Mengerti Keluarga’ ini bisa diandalkan saat bepergian ke pegunungan bersama keluarga.
Handling dan Kenyamanan, Easy to HandleSalah satu faktor kenyamanan mobil keluarga turut disokong oleh kemampuan handling mobil tersebut. Dan seperti versi manualnya, handling Ertiga GX matik terasa asik kala dipakai bepergian keluar kota, maupun sekedar keliling kota.Karakter suspensi yang pas (tak terlalu keras atau lembut) membuat penumpang lebih nyaman. Apalagi Ertiga juga didukung sistem penggerak roda depan dan sasis monokok yang lebih kokoh.
Fitur Lengkap

Sebagai varian tertinggi Ertiga GX matic memiliki taburan fitur yang cukup lengkap. Mulai dari AC Double Blower, tombol audio di setir, Sistem pengereman ABS+EBD hingga Dual SRS Airbag.
Harga
Suzuki Ertiga Rencana akan dilounching pada tanggal 17 Mei mendatang  dengan perkiraan harga :
SELISIH 11 JUTAAN

Harga Suzuki Ertiga Matic Resmi Di Rilis

Suzuki Ertiga Matic
Suzuki Ertiga Matic

Suzuki Ertiga Memang Fenomenal di kelas MPV terbukti dengan beberapa penghargaan bergengsi yang telah berhasil diraih Suzuki Ertiga diantaranya “Best of the Best MPV”, “Best Small MPV”, dan penghargaan tertinggi  ”CAR OF THE YEAR 2013” ( Versi Otomotif Award 2013 ).
Setelah sebelumnya, ERTIGA juga  telah memperoleh beberapa penghargaan bergengsi, seperti;
  • Rookie of The Year” oleh Bos Mobil.com (portal otomotif) di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta (11/07/2012),
  • Auto Bild Award 2012 – The Best Compact MPV” oleh Auto Bild Indonesia di Hotel Grand Melia, Jakarta (14/11/2012),
  • Mobil Motor Indonesian Car of The Year (ICOTY) 2012 – Best Small MPV”  oleh Majalah Mobil Motor di Pullman Hotel Central Park, Jakarta
Namun bulan Mei ini akan ada perubahan harga ertiga seperti dijelaskan oleh  4W Sales Director PT SIS, Bapak Endro Nugroho, saat acara Media Test Drive Suzuki Ertiga matic di Highland Park Resort, Bogor, Jawa Barat, Selasa 30 April 2013.
“Memang per 1 Mei kami menaikkan harga Suzuki Ertiga,  Hal itu juga disebabkan cost yang lebih tinggi, malah kompetitor sudah menaikan Rp 2 juta per April. Namun jika dihubungkan dengan May Day (hari buruh) hal itu tidak ada kaitannya,” 
Endro juga menyatakan, dengan kenaikan sebesar itu, masih terbilang normal. Karena hingga saai ini penjualan Ertiga masih cukup tinggi.
Sementara untuk tipe matik yang akan diluncurkan 17 Mei mendatang berbeda Rp11 juta dari versi manual

New Grand Vitara Lebih Dulu Meluncur Di Malaysia


New Grand Vitara
New Grand Vitara
Lagi-lagi negara tetangga, Malaysia mendapat kesempatan emas untuk bisa menikmati ketangguhan SUV baru dari Suzuki. Sebab Suzuki Malaysia Automobile (SMA) telah resmi luncurkan New Suzuki Grand Vitara yang telah mendapat banyak penyegaran baru.
Generasi terbaru yang juga merupakan generasi ketiga Suzuki Vitara ini telah meluncur di Jepang pada bulan July lalu. Tampilan barunya bahkan bisa lebih terlihat sporty ketimbang versi facelift model 2008. Istimewanya adalah penggunaan warna baru Gaia Bronze Pearl Metallic. Demikian dilansir paultan, Sabtu (24/11).
Perubahan lain juga datang dari penggunaan kaki-kaki baru dengan velg berukuran 17 inch. Sedang untuk buritan belakang tidak ada perubahan. Rumah ban cadangan pada pintu belakang juga masih dijumpai pada generasi terbaru Grand Vitara ini.
Pada bagian depan New Vitara ini dibuat oleh SSPP (Suzuki Super Polypropylene). Dimana pabrikan mengklaim bobotnya lebih ringan dan tidak mudah tergores. Dan saat masuk dalam ruang kabinnya juga tampak beberapa penyegaran pada bangku dan juga pada beberapa panel lainnya.
Untuk jantung pacunya, New Suzuki Grand Vitara diperkuat mesin J20A berkapasitas 2.0 liter. Mesin ini tidak lagi hasilkan tenaga 104 hp melainkan 138 hp dengan torsi puncak 183 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini  juga akan tersedia dengan pilihan sistem transmisi otomatis 4 percepatan.
New Suzuki Grand Vitara ini mengandalkan sistem penggerak 2WD dari penggerak roda belakang. SUV Suzuki ini di Malaysia didatangkan langsung dari Jepang alias CBU. New Grand Vitara akan dibanderol harga RM121.100 atau setara Rp 381 jutaan on the road plus termasuk asuransi di Malaysia.

Pesta Ertiga Pecahkan Rekor MURI Dan Dunia


 

Pesta Ertiga di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) berlangsung meriah. Sedikitnya 2.379 pemakai Suzuki Ertiga berhasil terjaring dalam acara yang berlangsung pada 24 November 2012 kemarin dan merup
akan rekor tertinggi setelah sebelumnya berhasil mengumpulkan lebih dari 1.000 Suzuki APV pada tahun 2008 lalu. Bahkan, prestasi ini pun turut tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Joko Utomo, General Manager Marketing Brand II 4W PT. Suzuki Indomobil Sales mengatakan bahwa rekor tersebut pecah setelah melakukan penghitungan melalui pintu masuk TMII. “Jadi di pintu 1 ada gerbang yang khusus untuk peserta yang menggunakan Suzuki Ertiga. Disana ada sensornya untuk menghitung dan mobil lain tidak boleh masuk sana. Namun sayangnya, tidak semua peserta terhitung, sebab banyak yang tertahan akibat macet dijalan,” ungkapnya.
Selain memecahkan rekor Indonesia, konvoi tersebut juga ternyata berhasil memecahkan rekor dunia karena berhasil mengumpulkan mobil sebanyak itu dalam kondisi hujan. “Karena kondisinya hujan, maka rekor dunia juga turut terpecahkan. Jadi tidak hanya rekor Indonesia saja,” tuturnya bangga.

Suzuki Ertiga Buktikan Keiritannya di Acara “Pesta Ertiga”


 
Pesta Ertiga di Taman Mini menjadi ajang bagi Suzuki untuk membuktikan keiritan MPV tersebut. Dalam lomba irit yang diikuti pengguna Ertiga mobil tersebut memiliki konsumsi BBM yang mencengangkan. Angkanya seperti konsumsi BBM motor.
Juara 1 lomba irit dari Bogor F 1563 HQ dengan pemilik Yukkas mencatat angka konsumsi BBM 1 liter untuk 52,243 km.
Juara 2, F1416 DO atas nama Moh.Iman 1:43,843. 1 liter untuk 43,843 km
Juara 3, pemilik Ertiga B 8898 LG Sanny Renata membukukan angka 1 liter untuk 40,507 km.
“Kami ingin mengajak pemakai ertiga untuk membuktikan keiritan Ertiga lewat lomba irit tanpa memodifikasi mesin jadi mobil apa adanya,” ujar Endro Nugroho  Director Marketing & Dealer Network Development 4W  PT Suzuki Indomobil Sales  di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (24/11/2012).
Endro menuturkan Ertiga yang sudah irit akan makin irit jika pengendara mobilnya mengenal cara mengemudi yang ramah BBM.
“Mobil Ertiga yang irit akan lebih luar biasa kalau pemakainya tahu cara mengemudi efisien hasilnya pasti luar biasa,” ujarnya

Suzuki Ertiga Kepung Jakarta


Kesuksesan Suzuki Ertiga di pasar otomotif Indonesia membuat penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) naik di posisi kedua penjualan mobil nasional pada bulan lalu, sekaligus menggeser Daihatsu yang kini harus puas di urutan ketiga.
Dengan keberhasilan tersebut, SIS menyelenggarakan event khusus yang disebut ‘Pesta Ertiga’, di mana acara tersebut diperuntukkan bagi pemakai Ertiga, konsumen inden Ertiga, masyarakat umum, dan jurnalis yang ingin melakukan test drive Ertiga.
Acara Pesta Ertiga sendiri dikemas dalam bentuk acara gathering. Dan yang tidak kalah menarik adalah “Konvoi Ertiga Mania 2012″ yang diikuti sekitar lebih dari 4.000 unit Ertiga. Ini akan menjadi rekor konvoi terbanyak serta terpanjang oleh satu merek dan satu tipe mobil.
Acara yang berlangsung pada Sabtu, 24 November 2012, akan dimulai pukul 08.00-12.00 WIB, dari delapan lokasi start yang berbeda menuju TMII. Berikut detail delapan titik start Pesta Ertiga Jabodetabek:
- Pacuan Kuda-Pulomas
- Carrefour Lebakbulus
- Mall Citraland
- Carrefour M.T Haryono
- Favor Bliss Alam Sutera
- Bumi Perkemahan Cibubur
- Bekasi Town Square
- Suzuki M.T Haryono
Adapun beberapa ruas jalan yang akan dilewati yaitu :
- Sekitar perumahan Alam Sutera
- Tol Tangerang – Jakarta
- Tol lingkar Dalam Kota Jakarta
- Perempatan grogol (sekitar citraland)
- Ruas Buperta Cibubur hingga pintu tol cibubur 2
- Tol Jagorawi mulai dari pintu toll Cibubur 2 hingga toll dalam kota jakarta
- Tol Lingkarluar Jakarta mulai dari pintu toll Pondok Pinang barat 1 hingga pintu toll Dukuh 2
- Sekitar Bekasi Square hingga pintu tol Bekasi Barat 1
- Tol Cikampek Jakarta mulai dari pintu tol bekasi Barat 1 hingga pintu tol cikunir
- Tol lingkarluar jakarta mulai dari pintu tol cikunir hingga pintu toll Dukuh 2
- Jalan Pulomas Jaya
- Jalan Tanah mas pulomas
- Jalan kayu Putih mulai dari koramil 04 Pulogadung hingga perempatan rumah susun pulomas
- Jalan perintis kemerdekaan hingga pintu toll cempaka putih.
- Perempatan TMII depan tamini square
- Jalan Taman Mini Pintu 1 hingga gerbang utama TMII.
“Kami mohon maaf sebesar-besarnya jika dalam pelaksanaan acara tersebut mengganggu aktivitas rekan – rekan beserta keluarga yang kebetulan melewati ruas-ruas jalan tersebut,” kata Dimelza Sharindradini Head of Public Relations 4W PT SIS.

Suzuki Ertiga Matik Akan Dirilis


Ertiga Matik
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan meluncurkan varian matik dan AC double blower pada bulan Januari  2013. Varian yang bakal dipasangkan AC double blower adalah Ertiga GX dan GL. “Kalau untuk model GA tidak. Double blower untuk GL dan GX bukan opsi ya,” terang sumber dalam SIS.
“Semuanya (double blower dan matik) diluncurkan bersamaan bulan Januari tahun depan,” tambah si sumber lagi. Menurutnya, akan ada perubahan harga tidak lebih dari 10 juta. “Tapi itu baru perkiraan ya, bisa saja Rp 8 juta, tapi sekali lagi tidak pasti, masing-masing tipe berbeda, tapi tidak besar. Semuanya masih dengan harga kompetitif dengan fitur-fitur unggul dibandingkan kompetitor,” tambahnya.
Untuk memenuhi derasnya permintaan, sekaligus bertambahnya varian, target Ertiga perbulan kemungkinan besar melampaui angka 5.000 unit. “Line produksi Ertiga dan untuk ekspor kita pisahkan. Ada tiga shift jam kerja untuk mengejar tingginya permintaan dan mempercepat proses inden. Karena tahun depan diperkirakan permintaan Ertiga akan tetap tinggi dengan hadirnya varian baru,” tambahnya.
Menurutnya kehadiran Suzuki Ertiga matik ini merupakan respon dari banyaknya pertanyaan dan permintaan dari pemintat Suzuki Ertiga saat ini. Dengan keberadaan Ertiga matik, dapat dipastikan keragaman varian Ertiga ini akan mampu bersaing dengan merek-merek Jepang lainnya yang menjadi kompetitor head to head product dengan Suzuki.
Penambahan varian baru ini juga dimaksudnya untuk meningkatkan populasi pengguna kendaraan merek Suzuki di Indonesia. Kehadiran Ertiga di Indonesia boleh dibilang adalah suatu yang paling fenomenal di otomotif Indonesia tahun 2012.
Sebanyak 65 persen pembeli Ertiga merupakan customer baru, yang sebelumnya belum pernah membeli atau  memiliki mobil merek Suzuki. Sebagian dari cutomer tersebut adalah pengguna merek lain yang beralih haluan meminang Ertiga.
“Tahun depan Chevrolet Spin dan Brio MPV diperkirakan akan masuk. Jadi tidak hanya Avanza-Xenia saja kompetitor kita, akan ada banyak pemain di segmen ini. Makanya kita harus lebih siap dengan menghadirkan lebih banyak pilihan varian buat konsumen,” tutupnya.(kpl/nzr/vin)

THE BEST COMPACT MPV 2012


The Best Compact MPV
The Best Compact MPV
Auto Bild Award 2012
THE BEST COMPACT MPV – Suzuki Ertiga
Di segmennya, harga murah menjadi pertimbangan pertama. Dengan rentang harga Rp 145-167 juta, jelas Ertiga merupakan pilihan yang memikat. Terdiri dari 3 pilihan tipe, yaitu GA, GL, dan GX. Poin ini sulit untuk ditandingi.
Berlandaskan sasis monokok, Ertiga berhasil menciptakan akomodasi memadai untuk tiga baris bangku. Sistem audio terintegrasi mengunakan kendali di lingkar kemudi dan on-board computer meningkatkan kepraktisan sekaligus keamanan dalam berkendara. Fitur lainnya adalah koneksi USB dan aux-in, smart entry, dan foglamp.
Posisi duduk Ertiga nyaman dan pas laksana sedan. Pengendaliannya berada di level menghibur. Dipadu setelan suspensi pas, kenyamanan Ertiga berada di taraf yang pantas dipuji. Sangat pas dipakai sebagai komuter bagi warga di pinggir kota besar.
Mesin 1.373 cc 4 silinder sanggup melontarkan tenaga 95 dk dan torsi 130 Nm. Memang bukan yang terbaik di kelasnya. Tapi faktanya, figur akselerasi dan konsumsi BBM Ertiga sangat memuaskan

SUZUKI ERTIGA RAIH AUTO BILD AWARD 2012



SUZUKI ERTIGA RAIH AUTO BILD AWARD 2012 SEBAGAI “THE BEST COMPACT MPV”
Auto Bild Award merupakan acara tahunan dari salah satu majalah otomotif terkemuka di Indonesia, Auto Bild Indonesia, yang memberikan penghargaan kepada APM (Agen Pemegang Merk) atas produk mobilnya yang berhasil unggul di masing – masing kategori.
Tahun ini, Auto Bild Award diselenggarakan di Hotel Melia, Jakarta pada tanggal 14 November 2012. Dalam ajang penghargaan bergengsi ini, Suzuki ERTIGA unggul di kategori Compact MPV dan meraih penghargaan sebagai ”The Best Compact MPV”.
Penghargaan ini diterima langsung oleh Endro Nugroho selaku 4W Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales dan penghargaan ini merupakan kali kedua yang diterima oleh ERTIGA setelah tujuh bulan kehadirannya di tanah air, yang sebelumnya ERTIGA dianugerahi sebagai ’Rookie of The Year” di ajang penghargaan ’ Indonesia Car Lifestyle Award’ yang diadakan oleh Bos Mobil.com, salah satu portal otomotif di Indonesia, pada tanggal 11 Juli 2012 lalu di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta.

MPV LAIN MULAI PANGKAS HARGA


Di pasar Multi Purpose Vehicle (MPV) Ertiga semakin ditakuti oleh kempetitornya. Setiap bulan selalu ada penambahan angka penjualan sekitar 1.000 unit.
Berkat Ertiga, Suzuki terkerek posisinya dari yang biasanya di urutan keempat menjadi urutan kedua. Hal ini  membuat kompetitor Ertiga memangkas harga hingga puluhan juta.
“Setelah Ertiga keluar. Merek-merek lain rata-rata diskon. Jadi artinya ada kompertisi. Saya pikir begitu,” kata 4W Marketing anda Dealer Network Development PT Suzuki Indomobil Sales Endro Nugroho di sela-sela media test drive Swift di Rancamaya, Ciawi, Selasa (13/11/2012).
Sayang Endro tidak menyebutkan merek mobil mana yang langsung menerapkan diskon ketika Ertiga dirilis.  Menurut Endro persaingan antara dealer mobil saat ini masih sehat dan wajar.
Sementara untuk menekan angka inden, Suzuki berupaya menggenjot produksi Ertiga di Indonesia.
Sebelumnya masa inden MPV Ertiga masih mencapai 6 bulan di beberapa daerah di Indonesia

Suzuki Melesat Keperingkat Ke-2 Penjualan Nasional


Jakarta, penjualan Suzuki di Indonesia melesat cepat. Suzuki  sudah berhasil mengalahkan penjualan Daihatsu dan Mitsubishi.
Daihatsu dan Mitsubishi terhitung sudah sejak lama menempati peringkat kedua dan ketiga di daftar merek terlaris di Indonesia. Suzuki pun sejak lama setia dengan posisi keempat.
Tapi kini, keadaan mulai berubah. Suzuki bangkit dan melesat cepat. Hal ini ditunjukkan dengan total penjualan periode Oktober 2012 (whole sales) yang berhasil menembus angka tertinggi sebesar 15.655 unit. Angka itu meningkat dibandingkan bulan September yang mencatat penjualan sebesar 13.068 unit.
Dengan hasil tersebut, Suzuki pun melesat ke peringkat dua secara nasional.
Carry Futura 1.5 (komersil dan penumpang) berada di peringkat teratas dalam kontribusi terbesar penjualan  kendaraan Suzuki yakni 5.559 unit atau 35.5% dari total penjualan.
Kemudian di peringkat kedua ditempati oleh Ertiga sebesar 5.115 unit atau 32.7%, lalu disusul oleh APV baik penumpang maupun komersil (Mega Carry) sebanyak 4.046 unit atau 25.8%, dan sisanya diikuti oleh porduk Suzuki lainya, seperti Splash, SX4, Swift, Estilo, dan Grand Vitara sekitar 6 % dari total penjualan.
Dan pencapaian penjualan Suzuki roda empat (whole sales) yang diraih pada bulan Oktober 2012 merupakan pencapaian tertinggi sepanjang sejarah Suzuki berdiri di Indonesia.
“Suzuki kembali memecahkan rekor penjualan whole sale bulanan melalui pencapaian 15.655 unit di Oktober 2012. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang mendukung pencapaian ini. Bagi Suzuki, pencapaian ini adalah suatu langkah awal dalam rangka mewujudkan Suzuki sebagai pemain otomotif Indonesia yang signifikan,“ kata Davy J. Tuilan, 4W Sales Director PT. Suzuki Indomobil Sales dalam keterangan resminya.

Alto Calon Mobil LCGC Suzuki?


Jika mobil murah di Indonesia masih dalam pembahasan regulasinya, di India sudah direalisasikan. Contohnya adalah Suzuki Alto yang diluncurkan di New Delhi, Selasa (16/10). Harga banderol terendah adalah 260.512 rupee atau sekitar Rp. 47,3 juta dan yang termahal model LXi 377.174 rupee (Rp.68,4 juta).
Model city car ini mengisi segmen A dan dibekali mesin bensin 796 cc, 3-silinder bertenaga 48 PS dan torsi 69 Nm. Konsumsi bahan bakar pun lebih irit 15 persen dari model sebelumnya, yang mencapai 22,7 kpl.
Alhasil, Alto bakal menjadi mobil kompak paling irit kedua di India, setelah Tata Nano yang mampu meningkatkan efisiensi BBM sebesar 25,3 kpl.
Shinzo Nakanishi, Managing Director & CEO Maruti Suzuki India, dalam situs resminya mengatakan bahwa  Alto mengekspresikan penghargaan Suzuki kepada seluruh konsumen yang menaruh kepercayaan besar pada model ini, karena berhasil menjadi mobil terlaris di India selama delapan tahun berturut-turut.
Suzuki optimis bahwa Alto 800 akan disambut dengan baik konsumen di seluruh India. Maruti merakit Alto 800 di pabrik Gurgaon, India, dengan investasi senilai 470 crore atau Rp. 85,2 miliar, yang merupakan patungan antara Suzuki dan pemasok komponen lokal.
Langkah Maruti Suzuki ini menguatkan komitmen Suzuki Indonesia ikut serta dalam program mobil murah dan ramah lingkungan (LCGC). Apalagi, dari spesifikasi tidak berbeda jauh dengan Ayla – Agya yang sudah mulai dipasarkan. Alto 800 kini tengah diuji coba Suzuki untuk LCGC.
Hanya, keputusan Suzuki belum bulat, karena masih menunggu kepastian regulasi dari pemerintah yang belum kunjung keluar. Selain Alto, Suzuki juga menyiapkan berbagai model lain seperti A-Star, WagonR dan lainnya yang diboyong ke Indonesia untuk dipelajari.

Ertiga Pacu Suzuki Tembus Rekor Penjualan Terbaru


Kehadiran produk baru Ertiga memacu peningkatan penjualan Suzuki di Indonesia. Terbukti di sepanjang September 2012, mobil berjenis MPV ini menjadi tulang punggung Suzuki dengan meraih angka penjualan terbanyak dibandingkan model lainnya.
Pada September 2012  Suzuki Indomobil Sales membukukan total penjualan sebanyak 13.311 unit.
Dibandingkan periode yang sama tahun lalu, raihan ini lebih tinggi. Pasalnya tahun lalu hanya terjual sebanyak 10.125 unit
Ertiga menduduki peringkat teratas dalam kontribusi terbesar penjualan kendaraan Suzuki yaitu 5.368 unit atau 40.3 persen dari total penjualan.
Posisi kedua ditempati Carry Futura 1.5 (komersil dan penumpang) sebesar 4.134 unit atau 31.1 persen, lalu  disusul oleh APV baik penumpang maupun komersil (Mega Carry) sebanyak 2.185 unit atau 16.4 persen.
Sisanya diikuti oleh produk Suzuki lainya, seperti Splash, SX4, Swift, Estilo, dan Grand  Vitara sekitar 12.2 persen dari total penjualan.
“Semangat yang tinggi dari seluruh jaringan penjualan Suzuki di Indonesia mulai dari pemilik sampai wiraniaga nya yang dipicu oleh produk – produk baru seperti Suzuki Ertiga dan Suzuki Mega Carry Xtra membuat Suzuki kembali membukukan rekor penjualan baru 13.311 unit,” ungkap Davy J. Tuilan, 4W Sales  Director PT. SIS

Suzuki Berencana siapkan varian Ertiga matik

Ertiga Matic
Suzuki Indomobil dikabarkan akan meluncurkan Ertiga transmisi matik dan AC double blower pada Indonesia International Motor Show 2012. Selama ini mini-MPV saingan Avanza – Xenia tersebut hanya hadir dalam transmisi manual dan AC single.
“Yang matik dan AC double blower akan diperlihatkan . Semuanya sesuai jadwal,” ungkap 4W Marketing & Dealer Network Development Director PT Suzuki Indomobil Sales , Endro Nugroho.
Endro menambahkan bahwa jika tak ada halangan, Ertiga akan dipasarkan mulai tahun depan. Belum ada keterangan mengenai harga jual dan jadwal untuk bisa mulai inden.
Saat ini Suzuki Ertiga tersedia dalam tiga pilihan, yakni tipe GA, GL dan GX. Ketiganya hanya dibekali dengan transmisi manual dengan mesin bensin berkapasitas 1.377 cc, DOHC, 16 katup VVT dan didukung Multi Point Injection.
Suzuki Ertiga GA Rp. 143.000.000, Suzuki Ertiga GL Rp. 153.000.000, dan Suzuki Ertiga GX Rp. 165.000.000.
Dalam kondisi standar, tiap unit sudah dipasangi mesin 1.400 cc DOHC, AC single blower, power steering EPS, velg standar 185/65 R15, disc brake. Berbeda dengan GL dan GX, Ertiga GA tidak memiliki antara lain radio DIN USB MP3, keyless entry immobilizer, foglamp, power window, dan central lock
ERTIGA MATIC VERSI INDIA
ERTIGA MATIC VERSI INDIA

Inden Ertiga Membludak Hampir 30 Ribu Unit

Ertiga Putih
Ertiga Putih
Inden Suzuki Ertiga sejak diluncurkan April lalu hingga saat ini sudah tembus 27 ribu unit, di mana tipe GX (varian tertinggi) paling banyak diminati.
“Dalam waktu lima bulan sudah mencapai 27.946 unit. Dari jumlah tersebut tipe GX mendominasi sebanyak 50 persen, disusul GL 47 persen, dan GA 3 persen,” kata Direktur Marketing SIS, Endro Nugroho, saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu, 29 Agustus 2012.
Dia menjelaskan waktu inden Ertiga di beberapa daerah berbeda satu sama lain. “Jadi indennya tergantung daerah. Paling cepat 3 bulan, paling lama 6 bulan,” kata dia.
Melihat besarnya minat pasar terhadap mobil tujuh penumpang ini, SIS berencana memaksimalkan kapasitas  produksi tahun depan. Mulai September SIS baru bisa merealisasikan peningkatan kapasitas menjadi 5.000 unit per bulan.
Selain itu, untuk memaksimalkan produksi mobil. Suzuki juga siap merogoh kocek Rp8 triliun untuk membangun pabrik baru di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.
Ertiga merupakan pengembangan dari platform Suzuki Swift generasi kedua yang mengisi kelas hatchback. Ertiga hadir dengan tambahan kursi ketiga dan dapat menampung 7 penumpang.
Ertiga dipersenjatai mesin 1.4-liter 4-silinder segaris, Variable Valve Timing (VVT), bertenaga 95 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.000 rpm.
Suzuki Ertiga hadir dalam 8 warna, Serene Blue Metallic, Silky Silver Metallic, Cool Black Metallic, Burgundy Red Pearl, Pearl White, Graphite Grey Metallic, Dusky Brown Metallic, dan Radiant Red Pearl.
Harga Ertiga Naik Rp2 Juta

Market Share Suzuki Meningkat


Suzuki Ertiga
Suzuki Ertiga
JAKARTA - Setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah meluncurkan low MPV terbarunya, Ertiga di pasar automotif nasional. Kini PT SIS sedikit mengalami kewalahan, sebab permintaan Ertiga dari konsumen sangat tinggi.
Alhasil konsumen Suzuki harus sedikit sabar untuk mendapatkan Ertiga. Membludaknya permintaan Suzuki Ertiga tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia.
Menanggapi hal itu, Director of Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy Tuilan, menerangkan, ada fenomena menarik dari membludaknya permintaan Suzuki Ertiga di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.
Dari total keseluruhan atau dari 100 persen konsumen Ertiga di Indonesia, 65 persennya berasal dari merek lain yang menyatakan untuk pindah haluan.
“Kami melakukan survei untuk mengetahui siapa konsumen yang membeli Ertiga. Dari situ ada fenomena menarik bahwa, hampir setengahnya konsumen kami adalah konsuem berasal dari merek lain. Saya tidak perlu sebutkan mereknya apa,” terang Davy Tuilan, tadi malam di Jakarta.
Menurut Davy, dengan kejadian seperti itu, masyarakat bisa menilai sendiri kualitas produk Suzuki dibanding  merek lain yang bermain di kelas yang sama. Masyarakat jauh lebih mengerti dan sudah bisa membedakan mana produk yang kualitasnya baik dan mana yang kualitasnya kurang baik.
Davy menambahkan, selain fenomena itu, ada fakta yang tak kalah menariknya, yakni market share Suzuki di luar Jabodetabek meningkat. Hal ini membuktikan bahwa Ertiga berhasil mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.
“Di luar Jabodetabek, komposisi market share kami 80 persen dan 20 persen. Jadi 20 persen itu merupakan  orang-orang yang sudah kenal dengan Suzuki dan 80 persennya merupakan konsumen yang benar-benar baru mengetahui Suzuki,” tegas Davy.
Hal ini sangat memberikan dampak yang positif bagi Suzuki. Karena setelah meluncurkan Ertiga dan konsumen yang sama sekali belum mengetahui Suzuki jadi banyak yang mengetahui Suzuki.
“Fenomena ini sangat menarik dan dapat membantu Suzuki. Karena dengan begitu yang tadinya konsumen tak mengenal produk Suzuki jadi lebih tahu semua produk-produk Suzuki,” tandasnya.

Upgrade Entertainment Suzuki Ertiga, Menambah Fungsi & Gengsi


Meski menyandang predikat kendaraan kategori low MPV bonnet, namun untuk menyulap sistem audio di kabin Suzuki Ertiga layaknya MPV premium yang bertabur fitur in car entertainment (ICE) mumpuni bukanlah sebuah mimpi. Pasalnya, meski baru dijual perdana, namun paket ICE untuk upgrade sistem audio bawaan Ertiga sudah menanti untuk dipasang.
Seperti ditawarkan PT Asia Wahana Audiotama (AWA) selaku produsen produk car audio labelan Symbion. Dengan beragam komponen pilihan yang mampu menambah fungsi sekaligus gengsi pada interior lapang MPV lansiran PT Suzuki Indomobil Sales itu. MONITOR HEAD UNIT
Head unit standar Ertiga dengan model integrated alias menyatu dasbor, sebenarnya lebih menguntungkan buat di-upgrade menjadi versi monitor. Sebab driver utama bawaan mobil dengan tipe ini (integrated), umumnya punya dimensi ruang dudukan yang sama dengan ukuran bodi monitor head unit double DIN.
Artinya, opsi yang bisa dipakai buat mengganti head unit standar Ertiga tersedia monitor tipe universal 2 DIN atau versi OEM (Original Equipment Manufacturer) fit yang desainnya menyatu dan menyesuaikan dengan kontur dasbor standarnya.
“Kami sudah men-develop monitor OEM fit khusus Suzuki Ertiga, dengan ukuran layar 7 inci touch screen dan sudah punya fitur komplet. Seperti GPS serta built-in steering control interface untuk tipe Ertiga yang sudah dilengkapi steering remote control,” ungkap Martin Kristianto, Managing Director AWA sembari menyebut kalau produk terbarunya yang dibanderol Rp 3,5 juta ini. Dan siap dijual untuk umum di akhir Juli atau awal Agustus 2012.
HEADREST & ROOF MONITOR
Aspek visual merupakan penunjang sistem ICE pada kabin Ertiga. Pemasangan headrest monitor menjadi menu wajib, untuk mengoptimalkan fungsi video di kabin. Sementara roof monitor boleh juga ditambahkan, guna memuaskan mata penumpang di baris ketiga.
“Sebab jarak dudukan headrest di bangku kedua Ertiga lebih sempit. Sehingga tidak bisa masuk dengan kaki dudukan headrest monitor universal yang umum dijual di pasaran. Lagipula jika memasang headrest monitor di bangku kedua, terlalu dekat dengan posisi wajah penumpang di bangku paling belakang.
Alternatifnya bisa gunakan roof monitor sebagai pengganti headrest monitor di baris kedua,” jelas Abbas, instalatur Wiki Wiki di Gading Kirana Timur Blok H11 No.15-16, Kelapa Gading, Jakut. (mobil.otomotifnet.com)

Genjot Kapasitas Produksi, Suzuki Bangun Pabrik Baru


Ertiga
Ertiga
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkuat basis produksinya. Agen pemegang merek (APM) Suzuki itu tidak hanya meningkatkan kapasitas pabrik sekarang, tapi juga membuat pabrik baru.
4W Marketing and Dealer Network Development Director PT SIS Endro Nugroho mengatakan tahun depan mereka bakal membangun pabrik di kawasan Kerawang, Jabar dengan lahan 135 hektar. Luasnya ini empat kali lipat dari pabrik sebelumnya yang terletak di Banten. “Investasinya mencapai Rp 8 triliun,” kata Endro di acara Media Test Drive Regional Jatim Suzuki Ertiga di Taman Dayu, Pasuruan, Rabu (18/7).Peningkatan produksi itu diperlukan mengingat permintaan Suzuki di tanah air meningkat tajam. Khususnya, usai peluncuran mobil jenis MPV Ertiga. Endro menyebut total inden Ertiga sudah menyentuh angka 20 ribu unit. Dari total inden tersebut, baru sekitar tujuh sampai delapan ribu. “Untuk mendapatkan barang harus menunggu sampai tujuh bulan untuk tipe tertentu,” ujarnya
Kapasitas produksi pabrik Suzuki adalah 12 ribu unit perbulan. Sedangkan, produksi produksi Ertiga sekitar 4.800 hingga 5 ribu unit. Komponen di Suzuki Ertiga mayoritas berasal dari dalam negeri, yakni 60 persen. Dengan dibangunnya pabrik baru nanti, diharapkan, komponen yang berasal dari lokal sebanyak 80 persen.
Endro menyebut Ertiga adalah salah satu produk fenomenal. Sebab, sebelum  peluncuran, masyarakat rela inden. Produk anyar itu pun telah mendongkrak penjualan sampai pertumbuhan dobel. “Penjualan bulan lalu tembus 12 ribu. Itu adalah sales tertinggi Suzuki selama di tanah air,” katanya.
Tahun ini SIS akan menambah dealer penjualan, khususnya yang berjenis dealer 3S (sales,sparepart, service). Saat ini, total dealer Suzuki, 234 unit. Dari jumlah itu, diler 3S  tercatat 190 unit. “Hingga akhir tahun, total dealer ditargetkan meningkat menjadi 272 unit,” ucapnya.

FENOMENA ERTIGA ( bisnis.com )


Ertiga
Ertiga
PT Suzuki Indomobil Sales, agen tunggal pemegang merek Suzuki, memanfaatkan tingginya minat konsumen membeli Ertiga mencapai 20.000 unit selama periode Februari-Juli 2012 untuk mendongkrak penjualan tipe dan varian mobil Suzuki yang lain.
Davi Tuilan, Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales,mengatakan sebagian besar pembeli Ertiga, terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi merupakan konsumen baru dan hanya sebagian kecil sekitar 35% yang merupakan pelanggan Suzuki.
“Fenomena menarik dari penjualan Ertiga yang cukup besar itu justru berasal dari konsumen baru dan juga banyak pihak menjadi tertarik kepada mobil merek Suzuki,” ujarnya saat peresmian Dealer baru Suzuki , di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (18/7/2012).
Menurutnya, realisasi penjualan Ertiga yang mencapai lebih dari 20.000 unit selama periode 10 Februari-18 Juli 2012 itu terbukti tidak menggerus pangsa pasar Suzuki APV atau mobil yang tipe lain dari keluarga Suzuki tersebut.
Justru sebaliknya, penjulan mobil tipe multi purpose vehicle (MPV) Ertiga telah mendongkrak penjualan penjualan Suzuki APV dari semula rata-rata 150.000 unit per bulan meningkat menjadi sekitar 180.000 unit per bulan setelah ada Ertiga.
Dengan demikian, lanjutnya, PT Suzuki Indomobil Sales optimitistis dapat mendongkrak penjualan Suzuki pada 6 bulan mendatang di atas realiasai smester I/2012 sebanyak 52.000 unit atau 10% dari total market share nasional.
Davi menjelaskan Ertiga memainkan peran sangat penting dalam mendokrak penjualan nasional produk Suzuki, karena tipe MPV tersebut cukup diminati banyak konsumen dan sekaligus menjadi pintu masuk bagi banyak pihak untuk mengenal dan kemudian membeli aneka tipe dan varian mobil bermerek Suzuki.
Sementara itu Seiji Itayama, Automobile Marketing Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, menjelaskan Ertiga yang sudah didistribuskan ke deler Suzuki dan pelanggan mencapai lebih dari 830 unit.
“Sedangkan sisanya, masih dalam proses produksi agar secepatnya dapat didistribusikan kepada diler dan konsumen pada sekitar November-Desember 2012,” ujarnya.
Menurutnya, upaya mendongkrak penjualan juga dilaksanakan dengan menambah jaringan diler dari sekarang 235 outlet menjadi 243 unit secara nasional pada akhir tahun ini dengan layanan sales (1S) saja atau sales, service dan spare part (3S)  .
Dari total diler resmi Suzuki tersebut, lanjutnya, mencapai 105 unit merupakan diler yang hanya melayani penjualan (1S) dan 130 outlet merpakan 3S

Suzuki Ertiga Fenomena Otomotif Nasional ( detikoto )

Suzuki Ertiga hingga saat ini sudah dipesan sebanyak 20.000 unit. Suzuki pun berani sesumbar kalau Ertiga merupakan fenomena otomotif di Indonesia.
“Orang belum lihat mobilnya, masyarakat sudah rela antre dan membayar inden Rp 5 juta,” ujar 4W Marketing & Dealer Network Development Director PT Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho di Surabaya mengacu pada proses inden yang dimulai Februari lalu, jauh sebelum Ertiga muncul ke khalayak ramai pada bulan April 2012..
Ia menerangkan, banyak kelebihan Ertiga dibandingkan dengan kompetitor lainnya seperti performa mesin yang menggunakan Drive By Wire Technologysehingga menghasilkan kinerja mesin lebih akurat.
Kemudian fitur keamanan dan keselamatan yang lebih mumpuni dan unggul untuk produk MPV sejenis di kelasnya. Juga ada child door lock, yang memberikan keamanan ekstra bagi anak-anak.
Tak hanya itu, Ertiga juga dilengkapi dengan ‘antimaling’ yakni immobilizer dan alarm. Sistem ini secara otomatis mencocokkan kode kunci saat mesin dihidupkan, sehingga mesin tidak dapat dinyalakan jika menggunakan kunci duplikat.
Juga dilengkapi interior yang stylish dan modern serta kedap suara. Dan banyak kelebihan yang ditawarkan Ertiga dibandingkan dengan sekelasnya. “Ertiga ini senyaman sedan dan selega MPV,” tuturnya.
Sementara mengenai angka inden, secara nasional sudah ada sekitar 20.000 unit. Dari jumlah tersebut, yang sudah dikirimkan ke konsumen sekitar 7-8 ribu unit. “Masih ada sekitar 12.000 konsumen yang setia antre,” tuturnya.
Melihat antusiasme masyarakat terhadap kehadiran Suzuki Ertiga, pihaknya mencanangkan segera melakukan peningkatan produksi.
Suzuki akan menginvestasikan sekitar Rp 8 triliun, diantaranya untuk membeli lahan seluas sekitar 135 hektar di Karawang. Lahan tersebut luasnya sekitar 4 kali lipat dibandingkan dengan pabrik Suzuki di Indonesia saat ini.
“Rencananya bukan hanya untuk memproduksi Ertiga saja, tapi juga untuk tipe Suzuki lainnya seperti pikap, APV yang juga banyak diinden,” jelasnya.
Direktur Penjualan PT SIS, Davy J. Tuilan menambahkan saat ini kapasitas produksi Suzuki terbatas hanya sekitar 4.200-4.500 unit per bulan. Saat ini Suzuki masih mengatur suplai MPV Ertiga ke konsumen.
Inden Ertiga saat ini mencapai 3 bulan dan tergantung masing-masing daerah. “Kapasitas produksi 4.200-4.500 per bulan. Tinggal inden masing-masing diler berbeda-beda baik itu di Jakarta dan luar Jakarta seperti bali. GX dan GL di Denpasar dapat di September, dan itu berbeda-beda ada yang November,” pungkasnya.
Suzuki Ertiga mengusung mesin 1.373 cc dengan dimensi lebih panjang dari Avanza dan Xenia, dengan 7 seater. Mesin 1.373 cc dilengkapi transmisi 5 percepatan manual bertenaga 95 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 130 Nm pada 4.000 RPM lumayan responsif.

Test Drive Suzuki Ertiga, Perpaduan Mewah MPV dan Sedan ( Review suaramerdeka.com )



DALAM rangka ikut memeriahkan pasar mobil Multi Purpose Vehicle(MPV), sekaligus menyempurnakan deretan mobil-mobil MPV yang telah ada saat ini, PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan produk MPV terbarunya Suzuki Ertiga.
Seperti yang telah diulas beberapa waktu yang lalu oleh otomotif suaramerdeka.com, Suzuki Ertiga memang kendaraan Low MPV yang menawarkan cita rasa berbeda daripada kompetitor lain sejenisnya. Setelah mencoba langsung (test drive-red), ternyata mobil ini memang benar-benar memberikan kenyamanan, keamanan dan sekaligus melengkapi keinginan sekaligus kebutuhan bagi para penumpangnya.
Test ride
Mendapat undangan untuk mencoba Suzuki Ertiga secara langsung membuat suaramerdeka.comsenang dapat berkesempatan menjajal sendiri mobil yang dikata “selega MPV namun senyaman sedan” ini.
Pertama masuk kedalamnya, kami langsung dibuat terpana dengan ukuran kabinnya yang lega, namun jika dilihat dari luar mobil ini tak terlihat besar. Kabin mobil ini terasa luas untuk penumpang dan kargo. Nuansa modern, stylish dan elegan langsung terasa, apalagi saat menatap dashboardnya. Warna beige dan coklat di seluruh kabinnya terpadu apik.
Saat mencoba berpindah-pindah duduk di ke tiga baris penumpang. Baik di bagian head room, tengah, ataupun leg room pun, ketiganya terasa sama leganya. Ternyata rahasianya ada pada tuas sekali tarik folding dan sliding pada kursi ke 2 dan 1 yang dapat memudahkan memajukan dan memundurkan kursi penumpang. Untuk keamanan, di tiga baris kursi penumpang terdapat safety belt yang memiliki 3 point ELR, dapat mengunci secara otomatis jika terjadi hentakan.
Saat mobil berjalan, ruang kabin benar-benar terasa senyap. Ternyata mobil ini telah dilengkapi dengan peredam suara.
Menjajal langsung kemudi mobil ini, yang terasa benar-benar responsif, halus namun juga tak goyah. Saat berjumpa dengan jalanan penuh lubang pun, laju mobil seolah tak terganggu, kenyamanan penumpang tak terganggu sama sekali, posisi kemudi benar-benar tetap stabil, getarannya teredam sempurna. Trek berliku, dapat dilibas sempurna karena akselerasi kemudi yang responsif dan mantap.
MPV yang senyaman sedan benar-benar terasa saat mencoba langsung kemudinya. Menggunakan chassis monoque, Suzuki Ertiga menggunakan fitur front wheel drive atau penggerak roda depan, membuat akselerasinya lebih responsif sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit.
Ertiga juga sangat memperhatikan keamanan penumpangnya. Dilengkapi dengan Immobilizer alarm, yang jika menggunakan kunci bukan aslinya, alarm akan langsung berbunyi nyaring.
Dipintu samping bila diketuk juga terasa tebal, terasa ada plat kokoh. Ternyata terdapat side impact beam, yang melindungi dari benturan. Pintu terasa kokoh melindungi benturan dari samping.
Selain itu di bagian depan juga terdapat air bag yang otomatis mengembang jika terjadi benturan fatal. Tidak  hanya itu, batang stir juga akan patah otomatis jika terjadi benturan, sehingga stir tidak akan beresiko membentur dada pengemudinya dan akan langsung mengerem otomatis.
Mengenai AC nya yang tidak double blower, ternyata tidak terasa pada kesejukan udara di kabin. Tetap terasa sejuk dan dingin hingga penumpang di baris ke tiga.
Secara keseluruhan MPV ini benar-benar menawarkan sejumlah keunggulan dibanding para pesaingnya.
MPV 7-penumpang ini ditawarkan dalam tiga varian yaitu Ertiga GA Rp 143 juta, Ertiga GL Rp 153 juta dan Ertiga GX Rp 165 juta. Didesain sebagai pesaing Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Nissan Grand Livina, dengan keunggulan-keunggulan di atas dan harga kompetitif Suzuki Ertiga diramalkan akan mendulang sukses.

INFORMASI PENJUALAN HUBUNGI : 

 BOWO 083846310055

Pin 24CA2899

MATUR NUWUN

Tidak ada komentar: