Pesta Ertiga Pecahkan Rekor MURI Dan Dunia
27 November 2012
akan rekor tertinggi setelah sebelumnya berhasil mengumpulkan lebih dari 1.000 Suzuki APV pada tahun 2008 lalu. Bahkan, prestasi ini pun turut tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI). Joko Utomo, General Manager Marketing Brand II 4W PT. Suzuki Indomobil Sales mengatakan bahwa rekor tersebut pecah setelah melakukan penghitungan melalui pintu masuk TMII. “Jadi di pintu 1 ada gerbang yang khusus untuk peserta yang menggunakan Suzuki Ertiga. Disana ada sensornya untuk menghitung dan mobil lain tidak boleh masuk sana. Namun sayangnya, tidak semua peserta terhitung, sebab banyak yang tertahan akibat macet dijalan,” ungkapnya.
Selain memecahkan rekor Indonesia, konvoi tersebut juga ternyata berhasil memecahkan rekor dunia karena berhasil mengumpulkan mobil sebanyak itu dalam kondisi hujan. “Karena kondisinya hujan, maka rekor dunia juga turut terpecahkan. Jadi tidak hanya rekor Indonesia saja,” tuturnya bangga.
Selain memecahkan rekor Indonesia, konvoi tersebut juga ternyata berhasil memecahkan rekor dunia karena berhasil mengumpulkan mobil sebanyak itu dalam kondisi hujan. “Karena kondisinya hujan, maka rekor dunia juga turut terpecahkan. Jadi tidak hanya rekor Indonesia saja,” tuturnya bangga.
Suzuki Ertiga Buktikan Keiritannya di Acara “Pesta Ertiga”
25 November 2012
Pesta Ertiga di Taman Mini menjadi ajang bagi Suzuki untuk membuktikan keiritan MPV tersebut. Dalam lomba irit yang diikuti pengguna Ertiga mobil tersebut memiliki konsumsi BBM yang mencengangkan. Angkanya seperti konsumsi BBM motor.
Juara 1 lomba irit dari Bogor F 1563 HQ dengan pemilik Yukkas mencatat angka konsumsi BBM 1 liter untuk 52,243 km.Juara 2, F1416 DO atas nama Moh.Iman 1:43,843. 1 liter untuk 43,843 km
Juara 3, pemilik Ertiga B 8898 LG Sanny Renata membukukan angka 1 liter untuk 40,507 km.
“Kami ingin mengajak pemakai ertiga untuk membuktikan keiritan Ertiga lewat lomba irit tanpa memodifikasi mesin jadi mobil apa adanya,” ujar Endro Nugroho Director Marketing & Dealer Network Development 4W PT Suzuki Indomobil Sales di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta, Sabtu (24/11/2012).
Endro menuturkan Ertiga yang sudah irit akan makin irit jika pengendara mobilnya mengenal cara mengemudi yang ramah BBM.
“Mobil Ertiga yang irit akan lebih luar biasa kalau pemakainya tahu cara mengemudi efisien hasilnya pasti luar biasa,” ujarnyaSuzuki Ertiga Matik Akan Dirilis
23 November 2012
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) akan meluncurkan varian matik dan AC double blower pada bulan Januari 2013. Varian yang bakal dipasangkan AC double blower adalah Ertiga GX dan GL. “Kalau untuk model GA tidak. Double blower untuk GL dan GX bukan opsi ya,” terang sumber dalam SIS.
“Semuanya (double blower dan matik) diluncurkan bersamaan bulan Januari tahun depan,” tambah si sumber lagi. Menurutnya, akan ada perubahan harga tidak lebih dari 10 juta. “Tapi itu baru perkiraan ya, bisa saja Rp 8 juta, tapi sekali lagi tidak pasti, masing-masing tipe berbeda, tapi tidak besar. Semuanya masih dengan harga kompetitif dengan fitur-fitur unggul dibandingkan kompetitor,” tambahnya.
Untuk memenuhi derasnya permintaan, sekaligus bertambahnya varian, target Ertiga perbulan kemungkinan besar melampaui angka 5.000 unit. “Line produksi Ertiga dan untuk ekspor kita pisahkan. Ada tiga shift jam kerja untuk mengejar tingginya permintaan dan mempercepat proses inden. Karena tahun depan diperkirakan permintaan Ertiga akan tetap tinggi dengan hadirnya varian baru,” tambahnya.
Menurutnya kehadiran Suzuki Ertiga matik ini merupakan respon dari banyaknya pertanyaan dan permintaan dari pemintat Suzuki Ertiga saat ini. Dengan keberadaan Ertiga matik, dapat dipastikan keragaman varian Ertiga ini akan mampu bersaing dengan merek-merek Jepang lainnya yang menjadi kompetitor head to head product dengan Suzuki.
Penambahan varian baru ini juga dimaksudnya untuk meningkatkan populasi pengguna kendaraan merek Suzuki di Indonesia. Kehadiran Ertiga di Indonesia boleh dibilang adalah suatu yang paling fenomenal di otomotif Indonesia tahun 2012.
Sebanyak 65 persen pembeli Ertiga merupakan customer baru, yang sebelumnya belum pernah membeli atau memiliki mobil merek Suzuki. Sebagian dari cutomer tersebut adalah pengguna merek lain yang beralih haluan meminang Ertiga.
“Tahun depan Chevrolet Spin dan Brio MPV diperkirakan akan masuk. Jadi tidak hanya Avanza-Xenia saja kompetitor kita, akan ada banyak pemain di segmen ini. Makanya kita harus lebih siap dengan menghadirkan lebih banyak pilihan varian buat konsumen,” tutupnya.(kpl/nzr/vin)
THE BEST COMPACT MPV 2012
22 November 2012
THE BEST COMPACT MPV – Suzuki Ertiga
Di segmennya, harga murah menjadi pertimbangan pertama. Dengan rentang harga Rp 145-167 juta, jelas Ertiga merupakan pilihan yang memikat. Terdiri dari 3 pilihan tipe, yaitu GA, GL, dan GX. Poin ini sulit untuk ditandingi.
Berlandaskan sasis monokok, Ertiga berhasil menciptakan akomodasi memadai untuk tiga baris bangku. Sistem audio terintegrasi mengunakan kendali di lingkar kemudi dan on-board computer meningkatkan kepraktisan sekaligus keamanan dalam berkendara. Fitur lainnya adalah koneksi USB dan aux-in, smart entry, dan foglamp.
Posisi duduk Ertiga nyaman dan pas laksana sedan. Pengendaliannya berada di level menghibur. Dipadu setelan suspensi pas, kenyamanan Ertiga berada di taraf yang pantas dipuji. Sangat pas dipakai sebagai komuter bagi warga di pinggir kota besar.
Mesin 1.373 cc 4 silinder sanggup melontarkan tenaga 95 dk dan torsi 130 Nm. Memang bukan yang terbaik di kelasnya. Tapi faktanya, figur akselerasi dan konsumsi BBM Ertiga sangat memuaskan
Berlandaskan sasis monokok, Ertiga berhasil menciptakan akomodasi memadai untuk tiga baris bangku. Sistem audio terintegrasi mengunakan kendali di lingkar kemudi dan on-board computer meningkatkan kepraktisan sekaligus keamanan dalam berkendara. Fitur lainnya adalah koneksi USB dan aux-in, smart entry, dan foglamp.
Posisi duduk Ertiga nyaman dan pas laksana sedan. Pengendaliannya berada di level menghibur. Dipadu setelan suspensi pas, kenyamanan Ertiga berada di taraf yang pantas dipuji. Sangat pas dipakai sebagai komuter bagi warga di pinggir kota besar.
Mesin 1.373 cc 4 silinder sanggup melontarkan tenaga 95 dk dan torsi 130 Nm. Memang bukan yang terbaik di kelasnya. Tapi faktanya, figur akselerasi dan konsumsi BBM Ertiga sangat memuaskan
SUZUKI ERTIGA RAIH AUTO BILD AWARD 2012
16 November 2012
SUZUKI ERTIGA RAIH AUTO BILD AWARD 2012 SEBAGAI “THE BEST COMPACT MPV”
Auto Bild Award merupakan acara tahunan dari salah satu majalah otomotif terkemuka di Indonesia, Auto Bild Indonesia, yang memberikan penghargaan kepada APM (Agen Pemegang Merk) atas produk mobilnya yang berhasil unggul di masing – masing kategori.
Tahun ini, Auto Bild Award diselenggarakan di Hotel Melia, Jakarta pada tanggal 14 November 2012. Dalam ajang penghargaan bergengsi ini, Suzuki ERTIGA unggul di kategori Compact MPV dan meraih penghargaan sebagai ”The Best Compact MPV”.
Penghargaan ini diterima langsung oleh Endro Nugroho selaku 4W Marketing Director PT. Suzuki Indomobil Sales dan penghargaan ini merupakan kali kedua yang diterima oleh ERTIGA setelah tujuh bulan kehadirannya di tanah air, yang sebelumnya ERTIGA dianugerahi sebagai ’Rookie of The Year” di ajang penghargaan ’ Indonesia Car Lifestyle Award’ yang diadakan oleh Bos Mobil.com, salah satu portal otomotif di Indonesia, pada tanggal 11 Juli 2012 lalu di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta.
Suzuki Berencana siapkan varian Ertiga matik
1 September 2012
Suzuki Indomobil dikabarkan akan meluncurkan Ertiga transmisi matik dan AC double blower pada Indonesia International Motor Show 2012. Selama ini mini-MPV saingan Avanza – Xenia tersebut hanya hadir dalam transmisi manual dan AC single.
“Yang matik dan AC double blower akan diperlihatkan . Semuanya sesuai jadwal,” ungkap 4W Marketing & Dealer Network Development Director PT Suzuki Indomobil Sales , Endro Nugroho.
Endro menambahkan bahwa jika tak ada halangan, Ertiga akan dipasarkan mulai tahun depan. Belum ada keterangan mengenai harga jual dan jadwal untuk bisa mulai inden.
Saat ini Suzuki Ertiga tersedia dalam tiga pilihan, yakni tipe GA, GL dan GX. Ketiganya hanya dibekali dengan transmisi manual dengan mesin bensin berkapasitas 1.377 cc, DOHC, 16 katup VVT dan didukung Multi Point Injection.
Suzuki Ertiga GA Rp. 143.000.000, Suzuki Ertiga GL Rp. 153.000.000, dan Suzuki Ertiga GX Rp. 165.000.000.
Dalam kondisi standar, tiap unit sudah dipasangi mesin 1.400 cc DOHC, AC single blower, power steering EPS, velg standar 185/65 R15, disc brake. Berbeda dengan GL dan GX, Ertiga GA tidak memiliki antara lain radio DIN USB MP3, keyless entry immobilizer, foglamp, power window, dan central lock
Inden Ertiga Membludak Hampir 30 Ribu Unit
1 September 2012
Inden Suzuki Ertiga sejak diluncurkan April lalu hingga saat ini sudah tembus 27 ribu unit, di mana tipe GX (varian tertinggi) paling banyak diminati.
“Dalam waktu lima bulan sudah mencapai 27.946 unit. Dari jumlah tersebut tipe GX mendominasi sebanyak 50 persen, disusul GL 47 persen, dan GA 3 persen,” kata Direktur Marketing SIS, Endro Nugroho, saat dihubungi VIVA.co.id, Rabu, 29 Agustus 2012.
Dia menjelaskan waktu inden Ertiga di beberapa daerah berbeda satu sama lain. “Jadi indennya tergantung daerah. Paling cepat 3 bulan, paling lama 6 bulan,” kata dia.
Melihat besarnya minat pasar terhadap mobil tujuh penumpang ini, SIS berencana memaksimalkan kapasitas produksi tahun depan. Mulai September SIS baru bisa merealisasikan peningkatan kapasitas menjadi 5.000 unit per bulan.
Selain itu, untuk memaksimalkan produksi mobil. Suzuki juga siap merogoh kocek Rp8 triliun untuk membangun pabrik baru di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.
Ertiga merupakan pengembangan dari platform Suzuki Swift generasi kedua yang mengisi kelas hatchback. Ertiga hadir dengan tambahan kursi ketiga dan dapat menampung 7 penumpang.
Ertiga dipersenjatai mesin 1.4-liter 4-silinder segaris, Variable Valve Timing (VVT), bertenaga 95 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 130 Nm pada 4.000 rpm.
Suzuki Ertiga hadir dalam 8 warna, Serene Blue Metallic, Silky Silver Metallic, Cool Black Metallic, Burgundy Red Pearl, Pearl White, Graphite Grey Metallic, Dusky Brown Metallic, dan Radiant Red Pearl.
Harga Ertiga Naik Rp2 Juta
Market Share Suzuki Meningkat
24 Agustus 2012
JAKARTA - Setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sudah meluncurkan low MPV terbarunya, Ertiga di pasar automotif nasional. Kini PT SIS sedikit mengalami kewalahan, sebab permintaan Ertiga dari konsumen sangat tinggi.
Alhasil konsumen Suzuki harus sedikit sabar untuk mendapatkan Ertiga. Membludaknya permintaan Suzuki Ertiga tersebar merata di seluruh wilayah Indonesia.
Menanggapi hal itu, Director of Marketing PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Davy Tuilan, menerangkan, ada fenomena menarik dari membludaknya permintaan Suzuki Ertiga di berbagai wilayah di seluruh Indonesia.
Dari total keseluruhan atau dari 100 persen konsumen Ertiga di Indonesia, 65 persennya berasal dari merek lain yang menyatakan untuk pindah haluan.
“Kami melakukan survei untuk mengetahui siapa konsumen yang membeli Ertiga. Dari situ ada fenomena menarik bahwa, hampir setengahnya konsumen kami adalah konsuem berasal dari merek lain. Saya tidak perlu sebutkan mereknya apa,” terang Davy Tuilan, tadi malam di Jakarta.
Menurut Davy, dengan kejadian seperti itu, masyarakat bisa menilai sendiri kualitas produk Suzuki dibanding merek lain yang bermain di kelas yang sama. Masyarakat jauh lebih mengerti dan sudah bisa membedakan mana produk yang kualitasnya baik dan mana yang kualitasnya kurang baik.
Davy menambahkan, selain fenomena itu, ada fakta yang tak kalah menariknya, yakni market share Suzuki di luar Jabodetabek meningkat. Hal ini membuktikan bahwa Ertiga berhasil mendapatkan tempat di hati masyarakat Indonesia.
“Di luar Jabodetabek, komposisi market share kami 80 persen dan 20 persen. Jadi 20 persen itu merupakan orang-orang yang sudah kenal dengan Suzuki dan 80 persennya merupakan konsumen yang benar-benar baru mengetahui Suzuki,” tegas Davy.
Hal ini sangat memberikan dampak yang positif bagi Suzuki. Karena setelah meluncurkan Ertiga dan konsumen yang sama sekali belum mengetahui Suzuki jadi banyak yang mengetahui Suzuki.
“Fenomena ini sangat menarik dan dapat membantu Suzuki. Karena dengan begitu yang tadinya konsumen tak mengenal produk Suzuki jadi lebih tahu semua produk-produk Suzuki,” tandasnya.
Upgrade Entertainment Suzuki Ertiga, Menambah Fungsi & Gengsi
5 Agustus 2012
Seperti ditawarkan PT Asia Wahana Audiotama (AWA) selaku produsen produk car audio labelan Symbion. Dengan beragam komponen pilihan yang mampu menambah fungsi sekaligus gengsi pada interior lapang MPV lansiran PT Suzuki Indomobil Sales itu. MONITOR HEAD UNIT
Head unit standar Ertiga dengan model integrated alias menyatu dasbor, sebenarnya lebih menguntungkan buat di-upgrade menjadi versi monitor. Sebab driver utama bawaan mobil dengan tipe ini (integrated), umumnya punya dimensi ruang dudukan yang sama dengan ukuran bodi monitor head unit double DIN.
Artinya, opsi yang bisa dipakai buat mengganti head unit standar Ertiga tersedia monitor tipe universal 2 DIN atau versi OEM (Original Equipment Manufacturer) fit yang desainnya menyatu dan menyesuaikan dengan kontur dasbor standarnya.
“Kami sudah men-develop monitor OEM fit khusus Suzuki Ertiga, dengan ukuran layar 7 inci touch screen dan sudah punya fitur komplet. Seperti GPS serta built-in steering control interface untuk tipe Ertiga yang sudah dilengkapi steering remote control,” ungkap Martin Kristianto, Managing Director AWA sembari menyebut kalau produk terbarunya yang dibanderol Rp 3,5 juta ini. Dan siap dijual untuk umum di akhir Juli atau awal Agustus 2012.
HEADREST & ROOF MONITOR
Aspek visual merupakan penunjang sistem ICE pada kabin Ertiga. Pemasangan headrest monitor menjadi menu wajib, untuk mengoptimalkan fungsi video di kabin. Sementara roof monitor boleh juga ditambahkan, guna memuaskan mata penumpang di baris ketiga.
“Sebab jarak dudukan headrest di bangku kedua Ertiga lebih sempit. Sehingga tidak bisa masuk dengan kaki dudukan headrest monitor universal yang umum dijual di pasaran. Lagipula jika memasang headrest monitor di bangku kedua, terlalu dekat dengan posisi wajah penumpang di bangku paling belakang.
Alternatifnya bisa gunakan roof monitor sebagai pengganti headrest monitor di baris kedua,” jelas Abbas, instalatur Wiki Wiki di Gading Kirana Timur Blok H11 No.15-16, Kelapa Gading, Jakut. (mobil.otomotifnet.com)
Head unit standar Ertiga dengan model integrated alias menyatu dasbor, sebenarnya lebih menguntungkan buat di-upgrade menjadi versi monitor. Sebab driver utama bawaan mobil dengan tipe ini (integrated), umumnya punya dimensi ruang dudukan yang sama dengan ukuran bodi monitor head unit double DIN.
“Kami sudah men-develop monitor OEM fit khusus Suzuki Ertiga, dengan ukuran layar 7 inci touch screen dan sudah punya fitur komplet. Seperti GPS serta built-in steering control interface untuk tipe Ertiga yang sudah dilengkapi steering remote control,” ungkap Martin Kristianto, Managing Director AWA sembari menyebut kalau produk terbarunya yang dibanderol Rp 3,5 juta ini. Dan siap dijual untuk umum di akhir Juli atau awal Agustus 2012.
HEADREST & ROOF MONITOR
“Sebab jarak dudukan headrest di bangku kedua Ertiga lebih sempit. Sehingga tidak bisa masuk dengan kaki dudukan headrest monitor universal yang umum dijual di pasaran. Lagipula jika memasang headrest monitor di bangku kedua, terlalu dekat dengan posisi wajah penumpang di bangku paling belakang.
Alternatifnya bisa gunakan roof monitor sebagai pengganti headrest monitor di baris kedua,” jelas Abbas, instalatur Wiki Wiki di Gading Kirana Timur Blok H11 No.15-16, Kelapa Gading, Jakut. (mobil.otomotifnet.com)
Genjot Kapasitas Produksi, Suzuki Bangun Pabrik Baru
31 Juli 2012
PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memperkuat basis produksinya. Agen pemegang merek (APM) Suzuki itu tidak hanya meningkatkan kapasitas pabrik sekarang, tapi juga membuat pabrik baru.
4W Marketing and Dealer Network Development Director PT SIS Endro Nugroho mengatakan tahun depan mereka bakal membangun pabrik di kawasan Kerawang, Jabar dengan lahan 135 hektar. Luasnya ini empat kali lipat dari pabrik sebelumnya yang terletak di Banten. “Investasinya mencapai Rp 8 triliun,” kata Endro di acara Media Test Drive Regional Jatim Suzuki Ertiga di Taman Dayu, Pasuruan, Rabu (18/7).Peningkatan produksi itu diperlukan mengingat permintaan Suzuki di tanah air meningkat tajam. Khususnya, usai peluncuran mobil jenis MPV Ertiga. Endro menyebut total inden Ertiga sudah menyentuh angka 20 ribu unit. Dari total inden tersebut, baru sekitar tujuh sampai delapan ribu. “Untuk mendapatkan barang harus menunggu sampai tujuh bulan untuk tipe tertentu,” ujarnya
Kapasitas produksi pabrik Suzuki adalah 12 ribu unit perbulan. Sedangkan, produksi produksi Ertiga sekitar 4.800 hingga 5 ribu unit. Komponen di Suzuki Ertiga mayoritas berasal dari dalam negeri, yakni 60 persen. Dengan dibangunnya pabrik baru nanti, diharapkan, komponen yang berasal dari lokal sebanyak 80 persen.
Endro menyebut Ertiga adalah salah satu produk fenomenal. Sebab, sebelum peluncuran, masyarakat rela inden. Produk anyar itu pun telah mendongkrak penjualan sampai pertumbuhan dobel. “Penjualan bulan lalu tembus 12 ribu. Itu adalah sales tertinggi Suzuki selama di tanah air,” katanya.
Tahun ini SIS akan menambah dealer penjualan, khususnya yang berjenis dealer 3S (sales,sparepart, service). Saat ini, total dealer Suzuki, 234 unit. Dari jumlah itu, diler 3S tercatat 190 unit. “Hingga akhir tahun, total dealer ditargetkan meningkat menjadi 272 unit,” ucapnya.
Kapasitas produksi pabrik Suzuki adalah 12 ribu unit perbulan. Sedangkan, produksi produksi Ertiga sekitar 4.800 hingga 5 ribu unit. Komponen di Suzuki Ertiga mayoritas berasal dari dalam negeri, yakni 60 persen. Dengan dibangunnya pabrik baru nanti, diharapkan, komponen yang berasal dari lokal sebanyak 80 persen.
Endro menyebut Ertiga adalah salah satu produk fenomenal. Sebab, sebelum peluncuran, masyarakat rela inden. Produk anyar itu pun telah mendongkrak penjualan sampai pertumbuhan dobel. “Penjualan bulan lalu tembus 12 ribu. Itu adalah sales tertinggi Suzuki selama di tanah air,” katanya.
Tahun ini SIS akan menambah dealer penjualan, khususnya yang berjenis dealer 3S (sales,sparepart, service). Saat ini, total dealer Suzuki, 234 unit. Dari jumlah itu, diler 3S tercatat 190 unit. “Hingga akhir tahun, total dealer ditargetkan meningkat menjadi 272 unit,” ucapnya.
FENOMENA ERTIGA ( bisnis.com )
24 Juli 2012
PT Suzuki Indomobil Sales, agen tunggal pemegang merek Suzuki, memanfaatkan tingginya minat konsumen membeli Ertiga mencapai 20.000 unit selama periode Februari-Juli 2012 untuk mendongkrak penjualan tipe dan varian mobil Suzuki yang lain.
Davi Tuilan, Sales Director PT Suzuki Indomobil Sales,mengatakan sebagian besar pembeli Ertiga, terutama di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi merupakan konsumen baru dan hanya sebagian kecil sekitar 35% yang merupakan pelanggan Suzuki.
“Fenomena menarik dari penjualan Ertiga yang cukup besar itu justru berasal dari konsumen baru dan juga banyak pihak menjadi tertarik kepada mobil merek Suzuki,” ujarnya saat peresmian Dealer baru Suzuki , di Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Rabu (18/7/2012).
Menurutnya, realisasi penjualan Ertiga yang mencapai lebih dari 20.000 unit selama periode 10 Februari-18 Juli 2012 itu terbukti tidak menggerus pangsa pasar Suzuki APV atau mobil yang tipe lain dari keluarga Suzuki tersebut.
Justru sebaliknya, penjulan mobil tipe multi purpose vehicle (MPV) Ertiga telah mendongkrak penjualan penjualan Suzuki APV dari semula rata-rata 150.000 unit per bulan meningkat menjadi sekitar 180.000 unit per bulan setelah ada Ertiga.
Dengan demikian, lanjutnya, PT Suzuki Indomobil Sales optimitistis dapat mendongkrak penjualan Suzuki pada 6 bulan mendatang di atas realiasai smester I/2012 sebanyak 52.000 unit atau 10% dari total market share nasional.
Davi menjelaskan Ertiga memainkan peran sangat penting dalam mendokrak penjualan nasional produk Suzuki, karena tipe MPV tersebut cukup diminati banyak konsumen dan sekaligus menjadi pintu masuk bagi banyak pihak untuk mengenal dan kemudian membeli aneka tipe dan varian mobil bermerek Suzuki.
Sementara itu Seiji Itayama, Automobile Marketing Managing Director PT Suzuki Indomobil Sales, menjelaskan Ertiga yang sudah didistribuskan ke deler Suzuki dan pelanggan mencapai lebih dari 830 unit.
“Sedangkan sisanya, masih dalam proses produksi agar secepatnya dapat didistribusikan kepada diler dan konsumen pada sekitar November-Desember 2012,” ujarnya.
Menurutnya, upaya mendongkrak penjualan juga dilaksanakan dengan menambah jaringan diler dari sekarang 235 outlet menjadi 243 unit secara nasional pada akhir tahun ini dengan layanan sales (1S) saja atau sales, service dan spare part (3S) .
Dari total diler resmi Suzuki tersebut, lanjutnya, mencapai 105 unit merupakan diler yang hanya melayani penjualan (1S) dan 130 outlet merpakan 3S
Suzuki Ertiga Fenomena Otomotif Nasional ( detikoto )
24 Juli 2012
Suzuki Ertiga hingga saat ini sudah dipesan sebanyak 20.000 unit. Suzuki pun berani sesumbar kalau Ertiga merupakan fenomena otomotif di Indonesia.
“Orang belum lihat mobilnya, masyarakat sudah rela antre dan membayar inden Rp 5 juta,” ujar 4W Marketing & Dealer Network Development Director PT Suzuki Indomobil Sales, Endro Nugroho di Surabaya mengacu pada proses inden yang dimulai Februari lalu, jauh sebelum Ertiga muncul ke khalayak ramai pada bulan April 2012..Ia menerangkan, banyak kelebihan Ertiga dibandingkan dengan kompetitor lainnya seperti performa mesin yang menggunakan Drive By Wire Technologysehingga menghasilkan kinerja mesin lebih akurat.
Kemudian fitur keamanan dan keselamatan yang lebih mumpuni dan unggul untuk produk MPV sejenis di kelasnya. Juga ada child door lock, yang memberikan keamanan ekstra bagi anak-anak.
Tak hanya itu, Ertiga juga dilengkapi dengan ‘antimaling’ yakni immobilizer dan alarm. Sistem ini secara otomatis mencocokkan kode kunci saat mesin dihidupkan, sehingga mesin tidak dapat dinyalakan jika menggunakan kunci duplikat.
Juga dilengkapi interior yang stylish dan modern serta kedap suara. Dan banyak kelebihan yang ditawarkan Ertiga dibandingkan dengan sekelasnya. “Ertiga ini senyaman sedan dan selega MPV,” tuturnya.
Sementara mengenai angka inden, secara nasional sudah ada sekitar 20.000 unit. Dari jumlah tersebut, yang sudah dikirimkan ke konsumen sekitar 7-8 ribu unit. “Masih ada sekitar 12.000 konsumen yang setia antre,” tuturnya.
Melihat antusiasme masyarakat terhadap kehadiran Suzuki Ertiga, pihaknya mencanangkan segera melakukan peningkatan produksi.
Suzuki akan menginvestasikan sekitar Rp 8 triliun, diantaranya untuk membeli lahan seluas sekitar 135 hektar di Karawang. Lahan tersebut luasnya sekitar 4 kali lipat dibandingkan dengan pabrik Suzuki di Indonesia saat ini.
“Rencananya bukan hanya untuk memproduksi Ertiga saja, tapi juga untuk tipe Suzuki lainnya seperti pikap, APV yang juga banyak diinden,” jelasnya.
Direktur Penjualan PT SIS, Davy J. Tuilan menambahkan saat ini kapasitas produksi Suzuki terbatas hanya sekitar 4.200-4.500 unit per bulan. Saat ini Suzuki masih mengatur suplai MPV Ertiga ke konsumen.
Inden Ertiga saat ini mencapai 3 bulan dan tergantung masing-masing daerah. “Kapasitas produksi 4.200-4.500 per bulan. Tinggal inden masing-masing diler berbeda-beda baik itu di Jakarta dan luar Jakarta seperti bali. GX dan GL di Denpasar dapat di September, dan itu berbeda-beda ada yang November,” pungkasnya.
Suzuki Ertiga mengusung mesin 1.373 cc dengan dimensi lebih panjang dari Avanza dan Xenia, dengan 7 seater. Mesin 1.373 cc dilengkapi transmisi 5 percepatan manual bertenaga 95 Ps pada 6.000 RPM dan torsi 130 Nm pada 4.000 RPM lumayan responsif.
Test Drive Suzuki Ertiga, Perpaduan Mewah MPV dan Sedan ( Review suaramerdeka.com )
3 Juli 2012
DALAM rangka ikut memeriahkan pasar mobil Multi Purpose Vehicle(MPV), sekaligus menyempurnakan deretan mobil-mobil MPV yang telah ada saat ini, PT Suzuki Indomobil Sales meluncurkan produk MPV terbarunya Suzuki Ertiga.
Seperti yang telah diulas beberapa waktu yang lalu oleh otomotif suaramerdeka.com, Suzuki Ertiga memang kendaraan Low MPV yang menawarkan cita rasa berbeda daripada kompetitor lain sejenisnya. Setelah mencoba langsung (test drive-red), ternyata mobil ini memang benar-benar memberikan kenyamanan, keamanan dan sekaligus melengkapi keinginan sekaligus kebutuhan bagi para penumpangnya.
Test ride
Mendapat undangan untuk mencoba Suzuki Ertiga secara langsung membuat suaramerdeka.comsenang dapat berkesempatan menjajal sendiri mobil yang dikata “selega MPV namun senyaman sedan” ini.
Pertama masuk kedalamnya, kami langsung dibuat terpana dengan ukuran kabinnya yang lega, namun jika dilihat dari luar mobil ini tak terlihat besar. Kabin mobil ini terasa luas untuk penumpang dan kargo. Nuansa modern, stylish dan elegan langsung terasa, apalagi saat menatap dashboardnya. Warna beige dan coklat di seluruh kabinnya terpadu apik.
Saat mencoba berpindah-pindah duduk di ke tiga baris penumpang. Baik di bagian head room, tengah, ataupun leg room pun, ketiganya terasa sama leganya. Ternyata rahasianya ada pada tuas sekali tarik folding dan sliding pada kursi ke 2 dan 1 yang dapat memudahkan memajukan dan memundurkan kursi penumpang. Untuk keamanan, di tiga baris kursi penumpang terdapat safety belt yang memiliki 3 point ELR, dapat mengunci secara otomatis jika terjadi hentakan.
Saat mobil berjalan, ruang kabin benar-benar terasa senyap. Ternyata mobil ini telah dilengkapi dengan peredam suara.
Menjajal langsung kemudi mobil ini, yang terasa benar-benar responsif, halus namun juga tak goyah. Saat berjumpa dengan jalanan penuh lubang pun, laju mobil seolah tak terganggu, kenyamanan penumpang tak terganggu sama sekali, posisi kemudi benar-benar tetap stabil, getarannya teredam sempurna. Trek berliku, dapat dilibas sempurna karena akselerasi kemudi yang responsif dan mantap.
MPV yang senyaman sedan benar-benar terasa saat mencoba langsung kemudinya. Menggunakan chassis monoque, Suzuki Ertiga menggunakan fitur front wheel drive atau penggerak roda depan, membuat akselerasinya lebih responsif sehingga konsumsi bahan bakarnya lebih irit.
Ertiga juga sangat memperhatikan keamanan penumpangnya. Dilengkapi dengan Immobilizer alarm, yang jika menggunakan kunci bukan aslinya, alarm akan langsung berbunyi nyaring.
Dipintu samping bila diketuk juga terasa tebal, terasa ada plat kokoh. Ternyata terdapat side impact beam, yang melindungi dari benturan. Pintu terasa kokoh melindungi benturan dari samping.
Selain itu di bagian depan juga terdapat air bag yang otomatis mengembang jika terjadi benturan fatal. Tidak hanya itu, batang stir juga akan patah otomatis jika terjadi benturan, sehingga stir tidak akan beresiko membentur dada pengemudinya dan akan langsung mengerem otomatis.
Mengenai AC nya yang tidak double blower, ternyata tidak terasa pada kesejukan udara di kabin. Tetap terasa sejuk dan dingin hingga penumpang di baris ke tiga.
Secara keseluruhan MPV ini benar-benar menawarkan sejumlah keunggulan dibanding para pesaingnya.
MPV 7-penumpang ini ditawarkan dalam tiga varian yaitu Ertiga GA Rp 143 juta, Ertiga GL Rp 153 juta dan Ertiga GX Rp 165 juta. Didesain sebagai pesaing Toyota Avanza, Daihatsu Xenia dan Nissan Grand Livina, dengan keunggulan-keunggulan di atas dan harga kompetitif Suzuki Ertiga diramalkan akan mendulang sukses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar